Cara Meninggikan Shock Belakang Vixion Yg Aman Anti Patah dan Ambles

Tutorial cara meninggikan shock belakang vixion ini sebenarnya sudah banyak sekali yang membahasnya di blog - blog lain, akan tetapi tidak ada salahnya juga saya ikut membuat tutorialnya melalui tulisan ini, yah daripada blog Sumedang Sharing ini ga update sama sekali karena kebetulan juga saya lagi agak nyantai hehehe

Bagi pengguna motor vixion, entah itu vixion old (lama) ataupun new vixion, ada 2 juga yaitu new vixion lightning disingkat NVL dan new vixion advance disingkat NVA adakalanya kurang puas dengan ketinggian shock belakang standar dari pabrik dan ingin sekali melakukan sedikit modifikasi dengan cara meninggikan bagian belakangnya mirip kakaknya sang R15 ataupun saudaranya Xabre. Sebenarnya mudah sekali, karena kita tinggal mengganti connecting rod (disingkat : conrod) atau pangkon dengan yang ukurannya lebih pendek dari standarnya bawaan vixion. Bagi anda yang belum tahu part ini, ituloh yang bentuknya kaya bulan sabit di bawah shock belakang, bagian menghubungkan arm dengan linkframe ke monoshock.

baca juga :

efek, minus, dan kelemahan pakai kampas kopling honda GL di New Vixion

cara menghilangkan warna cat footstep racing / underbone yang mulai pudar


Part yang satu ini banyak sekali dijual, ada yang berguna untuk memendekan dan ada juga yang untuk meninggikan. Serta ada juga yang memiliki kedua fungsi tersebut, nah yang satu ini biasanya memiliki 4 lubang sekaligus dalam satu conrod. Harga jual peninggi vixion variasi ini pun bervariasi, ada yang harganya dibawah 50 ribu ada juga yang diatas 100 ribu, semakin mahal ya mungkin akan semakin kuat karena bahannya pun berkualitas serta biasanya memiliki ketebalan yang lebih.

Namun yang kali ini akan saya bahas yaitu menggunakan conrod ori bawaan motor vixion itu sendiri yang dibor sekitar 1 cm dibawah lubang aslinya. Kenapa saya memilih conrod ori yang dibor? karena saya sering melihat postingan di facebook tepatnya di grup New Vixion Lightning Rider dan Yamaha Vixion Advance, ada beberapa pengendara yang mengalami conrod variasi patah.

Conrod vixion patah ambles


Jadi saya rasa, lebih aman pakai conrod ori vixion ini karena bahannya sudah pasti terjamin. Lagian harga conrod ori vixion ini pun cuma 38 ribu , inden di bengkel resmi yamaha cuma 2 minggu. Ini dia hasil indent di Yamaha Flagship Shop Bandung.

harga conrod ori vixion new old

Lihat juga modifikasi lainnya yang telah saya lakukan pada motor Vixion :

Adapun step by step cara meninggikan motor Vixion bagian belakang yaitu sebagai berikut :

1.Tahap pertama, buka dulu conrod dari motor. Setelah itu buat patokan lubang bulat untuk bor nantinya sekitar 1 cm dari atas. Disini saya pakai jarum pentul agar nantinya ketika akan di eksekusi kelihatan dan tidak pudar.

harga peninggi shock belakang vixion



2. Bawa conrod ke bengkel bubut untuk dibor. Tunggu proses pengeboran sekitar kurang lebih sekitar 3 menit. Lalu bayar biayanya cuma 10 ribu

bor pangkon conrod ori vixion meninggikan shock belakang


Cara bor conrod ori vixion


Pulang dan beres tinggal pasang ke lubang baru.

Cara Meninggikan Shock Belakang Vixion



Namun setelah dipasangg dan ditest, ternyata sisa bagian atas conrod yang lubang lama itu sedikir mengesek bagian arm sehingga ketika shock belakang main terdengar suara gesekan. Solusinya potong bagian tersisa dengan gergaji besi dan ratakan dengan kikir seperti gambar dibawah ini.

conrod peninggi shock belakang vixion new old


Penampakan conrod peninggi shock belakang vixion hasil bor 1 cm setelah dipasang :

shock belakang vixion terlalu empuk ganti conrod peninggi


Efek dari meninggikan shock belakang vixion dengan merubah posisi lubang ini yaitu shock jadi agak keras ketika dipakai sendirian. Tapi ga keras keras amat sih, malah ketika dipakai buat boncengan enak banget karena stabil buat tikungan. Ini juga biasa jadi salah satu solusi bagi anda yang tidak mau shock belakang vixion terlalu empuk / . Oh iya, ada 3 hal yang harus diperhatikan setelah meninggikan bagian shock belakang vixion ini yaitu :

1. Ketegangan rantai jadi kendur. Solusinya ya kencangkan kembali

2. Bagian besi bawah knalpot yang ada karet penahan standar tengah jadi menyentuh arm, Solusinya dengan sedikit melengkungkan bagian yang bersentuhan menggunakan kunci inggris atau tang.






3. Standar tengah masih aman soalnya ban belakang pas menyentuh tanah, akan tetapi standar samping jadi miring banget. Untuk standar samping solusinya dengan membuat lubang (dibor) dibagian tengahnya dan tambahkan jalu seperti gambar dibawah ini.




Itulah sedikit tips / tutorial cara meninggikan shock belakang vixion. Jika dilihat - lihat, si vixi ini jadi lebih seksi juga ya dilihat dari belakang. Setelah ditinggikan begini mau pakai stang jepit maupun stang lebar seperti stang byson tetap sama kerennya.


baca juga : review pengunaan stang R15 di new vixion






Nah bagi anda yang butuh conrod original Vixion bisa kunjungi lapak saya ditokopedia dengan alamat : https://tokopedia.link/9IE452izyP

17 Komentar untuk "Cara Meninggikan Shock Belakang Vixion Yg Aman Anti Patah dan Ambles "

Unknown mengatakan...

Bos, ane sudah mengikuti cara nya yang di share sama situ. Tapi pas mau masang lagi conrod nya lubang baut nya kurang pas sama besi yang di sasis motor nya, apa emang harus di lurus kan/di sesuaikan dulu posisi lubang conrod nya dengan cara di getok pakai besi kalo pengalaman saya dulu? Terimakasih bos

Website Administrator mengatakan...

iya bro luruskan antara posisi lubang conrod sama lubang yang ke sasisnya. Pengalaman saya ga pake di getok pun langsung masuk tinggal geser naik turun saja arm nya.

Unknown mengatakan...

Maaf om, kaya nya harus beli conrod ori baru kali ya. Mungkin gara gara yang saya pakai yang lama jadi udah rada melengkung jadinya udah gak balance lagi posisinya

Unknown mengatakan...

misi gan mau tanya tingginya naik berpa senti gan

Website Administrator mengatakan...

sekitar 6 - 7cm gan

GilmanHumaeri mengatakan...

Kang sumedangna di mana ? Abdi hyg pangajarkn kang, abdi ge ti sumedang

Website Administrator mengatakan...

abdi ti wado. Gampil kang nu kieu mah, kantun berani bongkar haha

Anonim mengatakan...

which is the measure in standard mm of the rod in the r15

Unknown mengatakan...

Kalo di bor dari lubang asli geser 1,5 cm apakah bisa bang ?

Website Administrator mengatakan...

Bisa, cuma nanti tinggi banget dan shock jadi keras banget kaga main

Unknown mengatakan...

Kak kalo pakai conrod R15 naik pa turun....

Website Administrator mengatakan...

Sama saja, tinggi conrod r15 dan vixion sama. R15 tinggi karena rangka dan swing arm nya

Unknown mengatakan...

Kalau dibor 0,75 dari lubang gimana gan

Website Administrator mengatakan...

Bisa gan, knapa ga 1 cm aja nanggung amat hehe

Unknown mengatakan...

Bos.. Kemarin aku beli conrod yang ada lubangnya 4.. Trus yang tak pake lobang yang bagian dalem dua2nya.. Terus kalau di pake boncengan bunyi "ENGKIK2"..

Itu kenapa bos???

Website Administrator mengatakan...

Kemungkinan lubang bagian luarnya itu menyentuh bagian arm

Unknown mengatakan...

Bos sya sudah coba dan vixi sya juga udah tinggi, tpi kok rntainya bunyi ckret2 gtu ya, hrus di kendorkn tpi klo trlalu kndor mlh mngenai standar tngah,mhon solusi nya bro